Jumat, 21 Juli 2017

Berita Garam

Garam langka??? Wow super sekali nggk sih, negara maritim kelangkaan garam?
Nni nih pasti bikin buk ibuk tambah cerewet aja. Ngomong2 saya juga uda jadi buk ibuk, tapi taunya mah dari berita. Apalah daya ibuk2 abal2, yang jarang beli garem. Soalnya garam saya awet banget, lamaaa abisnya (yaiyalah jarang masak). Tp tetep bisa ngerasain kok gmn galaunya kalau garem langka dan mahal.

Saya jarang beli garam tp kalau beli agak banyak sih, paling garem saya abis buat nyuci ayam biar baunya ilang, kumannya mati. Atau buat nyuci pare biar paitnya berkurang. Kalau buat masak nggk seberapa banyak abisnya. Intinya butuh lah ya... Tapi kalo beli ya gitu tunggu udah mau abis baru beli. Soalnya harganya lumayan sih, nggk langka tp mahal. Ya nggk ampek 100rb sih, paling2 cuman 5rb, ada juga 1rb kecil. Tp mesti mikir "wong garem aja kok segitu harganya". Akhirnya gak jadi beli sekedar lewat. Baru deh kalo terpaksa ditega2in. Drama banget ya pdhl cuman 5rb.

Sbnrnya bukan sekedar masalah seberapa banyak uang yg di keluarkan, cuman otak sudah terlanjur memiliki mindset yang menyatakan garam itu murah, bahkan uang 5 rb tidak pantas untuk satu sachet garam. Makanya bikin dilema, kalo di supermarket bisa2 diputerin ampe 7 kali tuh rak garem, saking galaunya. Sekarang malah langka katanya? Hmmm... Gatau juga sih, ini yg ada di berita tipi.

Reporter: katanya garam sudah mulai langka ya buk?
Ibuk penjual : iya, harganya juga jd mahal.
R : brp harganya
IP: 10rebu
R : ibu jualnya brp?
Ip: 11 rebu. Gausah pake garem, pake keringet bae lah...
R : ooh pake keringet aja ya buk, gausa pake garem?
IP : iya.
😂😂😂 iseng banget reporter nya.

Nggk tau sih masalah garem ini knp. Pasokannya atau apa?
Saya taunya padi. Secara bpk saya ketua kelompok tani. Andai pemerintah mau beli beras petani pasti cukup kok. Tp realitanya lebih suka impor sana sini. Petani sendiri rugi. Alhasil generasi muda banyak yang kerja di pabrik, lahan di jual. Pabrik makin lebar. Kaga semangat dah bertaninya. Semoga yang garem gak kayak gitu ya...

*untung gak rajin masak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar