Jumat, 21 Juli 2017

Pasangan seorang Enginer

Suami saya adalah seorang anginer. Lulusan its, kerja sebagai peneliti. Sementara bidang keilmuan saya adalah ilmu sosial, saya alumni fisip unair (gaya pdhl barusan lulus). Tentang perbedaan keilmuan kami, so pasti juga berpengaruh dengan cara kita berpikir. Beda banget dah pokoknya. Awal2 nikah rasanya seperti perang dunia tiap hari. But, nggk selamanya, makin hari makin mereda kok. Perbedaan juga butuh waktu. Ok gpp. Tapi yg jd masalah tu...

Dia tau bbrpa hal, cara memanfaatkan sesuatu, dan juga itung2an matematika atau fisika dan entah apalah itu. Apa dia kreatif? Boleh juga dibilang gitu, dikit tapi ya hehe... So, setiap ada barang gak dipake, atau kardus bagus, bungkus makanan, kaleng atau benda2 tak berguna lainnya dia selalu mngatakan

"Jangan di buang, ini bisa dipake buat ini... Bla bla bla... "
Okhey... Saya nurut aja ya ... *krn saya percaya

Dan.. Semakin lama barang2 itu semakin banyakkk tapi niat untuk memprosesnya menjadi barang yang ia janjikan tidak kunjung ada. Jadilah rumah seperti penadah sampah. Hmmm... Kalau diingatkan? Kadang sibuk, ok gak mungkin. Klo longgar? Dikerjain kadang. Justru ini nih yg nyebelin, dikerjain tp setengah setengah. Akhirnya berceceran bikin berantakan. Kreatifitasnya pun tertunda entah dimana ujungnya.

Kalo ada barang bekas lg? Ya ulangi lagi dong.
" jgn dibuang ini bisa di jual... (Model baru)."

Seperti biasa... Barang2 menumpuk dengan balutan janji palsu. Jadilah rumah seperti sarang pemulung.

Kadang liat tipi yg DIY (do it your self) gitu.

"Aku pengen bikinin zafran mainan itu, tak bikin ah... "

Saya: "gausah! BELI AJA!"

PR seya sekarang, gimana cara mengeluarkan sampah2 itu dari rumah tanpa ada drama? *berfikir keras

Berita Garam

Garam langka??? Wow super sekali nggk sih, negara maritim kelangkaan garam?
Nni nih pasti bikin buk ibuk tambah cerewet aja. Ngomong2 saya juga uda jadi buk ibuk, tapi taunya mah dari berita. Apalah daya ibuk2 abal2, yang jarang beli garem. Soalnya garam saya awet banget, lamaaa abisnya (yaiyalah jarang masak). Tp tetep bisa ngerasain kok gmn galaunya kalau garem langka dan mahal.

Saya jarang beli garam tp kalau beli agak banyak sih, paling garem saya abis buat nyuci ayam biar baunya ilang, kumannya mati. Atau buat nyuci pare biar paitnya berkurang. Kalau buat masak nggk seberapa banyak abisnya. Intinya butuh lah ya... Tapi kalo beli ya gitu tunggu udah mau abis baru beli. Soalnya harganya lumayan sih, nggk langka tp mahal. Ya nggk ampek 100rb sih, paling2 cuman 5rb, ada juga 1rb kecil. Tp mesti mikir "wong garem aja kok segitu harganya". Akhirnya gak jadi beli sekedar lewat. Baru deh kalo terpaksa ditega2in. Drama banget ya pdhl cuman 5rb.

Sbnrnya bukan sekedar masalah seberapa banyak uang yg di keluarkan, cuman otak sudah terlanjur memiliki mindset yang menyatakan garam itu murah, bahkan uang 5 rb tidak pantas untuk satu sachet garam. Makanya bikin dilema, kalo di supermarket bisa2 diputerin ampe 7 kali tuh rak garem, saking galaunya. Sekarang malah langka katanya? Hmmm... Gatau juga sih, ini yg ada di berita tipi.

Reporter: katanya garam sudah mulai langka ya buk?
Ibuk penjual : iya, harganya juga jd mahal.
R : brp harganya
IP: 10rebu
R : ibu jualnya brp?
Ip: 11 rebu. Gausah pake garem, pake keringet bae lah...
R : ooh pake keringet aja ya buk, gausa pake garem?
IP : iya.
😂😂😂 iseng banget reporter nya.

Nggk tau sih masalah garem ini knp. Pasokannya atau apa?
Saya taunya padi. Secara bpk saya ketua kelompok tani. Andai pemerintah mau beli beras petani pasti cukup kok. Tp realitanya lebih suka impor sana sini. Petani sendiri rugi. Alhasil generasi muda banyak yang kerja di pabrik, lahan di jual. Pabrik makin lebar. Kaga semangat dah bertaninya. Semoga yang garem gak kayak gitu ya...

*untung gak rajin masak

Selasa, 21 Maret 2017

Biang keringat pada bayi


Bagi para mamah muda, apalagi anak baru satu.. . pasti super pusing ngurusin anak bayi. Yg panik, khawatir, bingung, dan masih banyak lagi. Secara baru pertama. Masalah kecil aja bingung masyaalloh.  Salah satu nya ketika bayi baru lahir kena biang keringat
Ini cerita pengalaman Zafran pas baru lahir. Zafran lahir di rs dan stay disana selama 3 hari. Ketika zafran pulang kerumah, sekitar 2 hari muncul biang keringat. Bentuk nya seperti air bening. Jadi nggk merah. Karena zafran ok ok aja, jadi ya kita biarkan saja. *oia waktu itu dirumah masih belom pasang AC jadi puanasss, oh surabaya
Kebetulah zafran kuning. Bilirubinnya naik, mukanya kuning terus kita bawa ke dokter. Pas diperiksa ternyata suruh opname. Ok, saya tidak akan bahas kuningnya zafran ya. Zafran di opname selama 3 hari. Anehnya pas di rumah sakit, dahinya zafran yg berbiang keringat itu mulusss kembali. Kenapa ya??? Saya hanya bisa bersyukur.
Hari ke 3 opname, zafran sudah boleh dibawa pulang. Pasca dari rumah sakit, zafran biang keringat lagiiii. Yaampuun sekarang jadi merah. Besoknya malah tambahhhh bernanah, ngeri banget lihatnya kasian. Biang keringat bernanah. Akhirnya di hari ke 13 umurnya zafran kita bawa ke rs lagi. Dokternya tannya mandi berapa kali, aku jawab 2 kali di bak mandi. Terus katanya sudah benar, abis itu dikasi resep, ada antibiotics nya. Dia bilang pernah ada pasien yg biang keringatnya dah parah rata. Sm mamahnya mandinya cuma di waslap. Jadi harus diopname. Aku bersyukur zafran tidak sampai spt itu.
Pas udah pulang, bingung lagi. Ayah nya zafran nggk mau zafran minum obat. Karena masih bayi. Ok aku nurut aja.
Pas lagi santai, bpk ku bilang kalo orang jaman dulu, bayinya dibedakin kanji. Kita merasa kanji bahannya aman, boleh lah dicoba. Sambil mencoba kanji, kita pergi juga ke dokter anak langganan. Bukan yg ngasih resep kemarin. Katanya sih gak perlu pake antibiotik. Selagi si bayi nghk ada keluhan, spt risih, garuk, dll gaperlu pake antibiotik. Dicoba aja pake sabun sebamed, terus juga kata bu dokter nya suruh pake AC aja.
Abis dr dokter, kita cari sabunnya, ternyata mehong juga ya hihi... 100rb brp gitu, dengan ukuran kecil. Karena pengiritan uang. Jadi kita nggk beli deh...
Dan ada keajaibannn... Biang keringat udah mulai mengering sedikit demi sedikit. Alhamduillah... Ternyata obatnya murah.. Hanya kanji. Kalau dilihat2 dan rasa, kanji emang menyerap air sih, jd bayi nggk lengket kena keringat. Mungkin juga biang keringat nya hilang pas di rs karena ada AC nya. Jd kulitnya nggk keringetan. Abis biang keringat mereda, barulah kita pasang AC. Lumayan, untuk mendinginkan kepala mama hehe ... Oia, zafran sampe sekarang masih pake kanji lho. Gaberani pake bedak. Terus dia kadang2 kena ruam popok. Kayak merah gitu di daerah yg ditempeli karet pinggang popok, kadang juga biang keringat tp biasa. Jd kasi kanji aja biar gk lembab. Kadang juga pake baby cream sih, merek sw*,tza*.
Yah kira2 itu perjalanan zafran dan biang keringat.