Sabtu, 28 April 2018

Aplikasi pembayaran terbaik karya anak bangsa


Pernah terjadi di suatu malam yang larut, listrik prabayar di rumah bebunyi nyaring menandakan pulsa listrik sudah kritis. Mau beli pulsa listrik tengah malam buta, dimana? Jadinya, semua lampu dan peralatan elektronik di rumah pun dimatikan, hanya kulkas dan sebuah lampu saja yang masih beroperasi untuk menahan laju listrik agar mampu bertahan hingga pagi hari. Hasilnya, belum pagi datang rumah sudah gelap gulita kehabisan listrik.

Atau mungkin kita pernah dengar berita tentang seseorang yang terkaget-kaget melihat tagihan air PDAM nya yang membengkak hingga jutaan rupiah cuman gara-gara lupa membayar biaya PDAM tiap bulanannya.. iya, hanya gara-gara lupa.

Ada juga cerita dari sahabat saat mendapat tugas di daerah baru dan terpencil yang kesulitan mencari “warung pulsa” agar komunikasinya dapat tetap terjaga dengan keluarganya yang sedang ditinggalkan bertugas.

Atau kisah tentang perjuangan seorang mahasiswa yang terpaksa harus basah kuyup kedinginan menerobos derasnya hujan hanya ‘buat ngebelain’ beli pulsa paketan internet karena harus segera ngirim tugas melalui email ke dosennya saat itu juga.


Gambar 1. apa masih mau ribet di jaman now ini? 

Semua kejadian di atas tadi bermuara pada satu pertanyaan yang sama, ada gak sih aplikasi yang membuat kita gampang dan gak ribet buat melakukan pembayaran apapun, kapanpun, dimanapun? Atau bahkan bisa otomatis membayar tagihan sendiri tanpa harus repot-repot mengingat-ingat jadwal pembayaran tagihan seperti bayar BPJS, atau TV kabel gitu?
Untngnya jawaban tersebut adalah Ada..

Aplikasi apa itu? Namanya Bebasbayar.
Dari namanya aja sudah menjelaskan tujuan dibuatnya aplikasi fintech ini: bebas bayar, mau bayar apapun bebas di mana saja, kapan saja, apa saja. Dan satu lagi nih, kata bebas itu maksudnya juga bebas dari biaya keanggotaan buat join di bebasbayar. Asik kan? Di tengah maraknya aplikasi-aplikasi fintech lainnya dengan biaya keanggotaan di awal bernilai lumayan mahal, ini malah aplikasi bebasbayar memberikan gratis biaya buat menjadi anggota, jadi uang yang ditransfer itu nantinya 100% bisa habis dipakai buat transaksi apa aja di bebasbayar, gak dipotong buat biaya anggota, gak harus ngendapin saldo atau batasan minimal saldo yang menyebabkan saldo kita cuman ngendap gitu gak bisa dipakai. Enak kan?


Gambar 2. Tampilan aplikasi bebasbayar di smartphone android

Ets, tapi tunggu dulu, dari tadi ngomongnya fintech, fintech, dan fintech.. Fintech itu apaan sih?
Oh, fintech itu singkatan dari financial technology, maksudnya adalah suatu inovasi dalam layanan keuangan, salah satunya adalah perusahaan payment atau pembayaran seperti bebasbayar. Tujuan hadirnya aplikasi fintech ini mulia sekali lho, mempermudah siapapun untuk melakukan transaksi keuangan apapun, dimanapun,, dan kapanpun…

Oke deh, apa sih yang membedakan antara aplikasi bebasbayar dengan aplikasi fintech lainnya?
Pertama, untuk join menjadi member di bebasbayar itu gratis.. tis.. cukup ketik www.bebasbayar.com di browser atau install aplikasi bebasbayar di playstore. Kalau kesulitan tinggalkan komentar di bawah nanti saya daftarkan. Setelah itu akunnya langsung aktif deh…

Eh serius udah aktif? Berarti sudah bisa transaksi dong?
Udah aktif sih, tapi gimana mau transaksi? Kan saldonya masih nol.. hehe. Jadi deposit saldo dulu dong, minimal 10 ribu rupiah sudah bisa transaksi. Kurang nikmat apa coba di bebasbayar? Oke, misalnya kita coba isi deposit 10 ribu dulu deh buat coba-coba sebagai newbie. Menu depositnya ada di pojok kiri atas (lihat Gambar 2), tinggal masukkan nominalnya terus pilih deh mau transfer ke bank mana yang kamu suka. Nah nanti akan muncul nominal transfernya, contoh Rp. 10.145, nah diisi deh sama persis dengan nominalnya ke rekening yang sudah tertera. Beberapa detik kemudian, saldonya langsung muncul dan bisa langsung dipakai buat transaksi misalnya beli pulsa HP.

Gambar 3. Tampilan pengisian deposit

Tapi tunggu dulu deh, kita deposit 10 ribu tapi kok ada tambahan 145 rupiah sih? Kita rugi dong tiap deposit nambah 3 digit rupiah, kalau berjuta-juta kali deposit, berapa coba kerugian kita?
Nah, itu dia kelebihannya bebasbayar Bahkan sampai 3 digit tambahan tadi itu bisa kamu pakai buat transaksi, gak diembat sama bebasbayar. Gak percaya? Coba cek saldo bebasbayar tadi yang masuk ke akun ada berapa? Rp.10.000 atau Rp.10.145? bener kan?

Gambar 4. Penjelasan petunjuk dan nominal deposit

Oke, saya lanjutkan ya.. Yang kedua, proses transaksi cepat. Pernah suatu ketika teman saya membeli pulsa HP, setelah dia memberikan nomernya dan saya mengetiknya di aplikasi bebasbayar langsung tidak sampai 3 detik pulsanya sudah masuk dan membuat teman saya terheran-heran, karena biasanya kalau dia membeli pulsa di tempat lain butuh waktu yang lebih lama hingga pulsa tersebut mendarat di HP nya.

Ketiga, penggunaan aplikasi bebasbayar sangat super mudah bin gampang, bisa dijalankan di aplikasi HP seperti aplikasi android, bisa juga dijalankan di browser, bahkan proses transaksi bisa dijalankan offline yakni hanya dengan menggunakan SMS saja. Apalagi, kita masih diberi kemudahan lagi dengan ebook gratis berupa panduan lengkap untuk menjalankan aplikasi bebasbayar.

Gambar 5. Panduan lengkap penggunan aplikasi bebasbayar

Keempat dan ini yang menarik, mendapatkan CASHBACK di setiap transaksi. Enaknya di bebasbayar itu kalau setiap kita transaksi dapat cashback atau bonus. Keuntungannya tetap bisa kita nikmati meskipun seandainya aplikasi bebasbayar ini hanya kita pakai untuk kebutuhan kita sehari-hari, sehingga dapat mengubah pengeluaran menjadi pemasukan. bener gak? ya bener lah ya.. apalagi jika bebasbayar ini kita gunakan untuk berbisnis, wah untungnya dobel-dobel!

Gambar 6. Sekilas dari banyaknya cashback yang saya terima dari bebasbayar

Kelima dan gak kalah menarik dari sebelumnya yaitu mendapat bonus dari afiliate. Jadi kalau kita bisa mengajak orang lain untuk menjadi member dari bebasbayar, maka kita juga mendapatkan komisi atau bonus afiliate. TENANG... bonus yang kita dapat itu tidak diambil dari saldonya anggota yang kita daftarkan, tapi murni dari keuntungan bebasbayar, sehingga kita tidak berbuat zolim dan tidak merugikan orang lain.

Gambar 7. Daftar afiliasi bebasbayar

Yang terakhir, menu nya super lengkap. Mau isi pulsa berbagai operator dengan berbagai varian harga? ada! Pengen bayar tagihan seperti BPJS, PDAM, asuransi, multi finance, PLN, telpon pasca bayar, kartu kredit, dan TV berlangganan pun bisa, bahkan ingin dijadwalkan pembayaran setiap bulannya? Gampang! Tidak cuma itu saja, buat kalian yang maniak game bisa beli voucher game di sini. Bahkan kita yang belum sempat beli tiket buat mudik lebaran nanti gak perlu khawatir karena bisa beli tiket pesawat atau kereta api di bebasbayar.

Masih ada menu lainnya?
Masih. Mau belanja online? Bisa! Mau beli buku? Ada! Atau mau beramal dengan membayar zakat infaq dan shodaqoh? Bisa bangeettttttttttt

Gambar 8. Belanja online shop di bebasbayar

Udah deh, dari pada penasaran, mending langsung aja daftar jadi member bebasbayar. Mau nantinya dipakai buat bisnis atau dipakai sendiri buat keperluan sehari-hari dijamin tidak ada ruginya.


Sekian, semoga bermanfaat ya.... selamat bergabung menjadi keluarga besar bebasbayar

Dewi

Rabu, 04 April 2018

Kejanggalan Abang Grab Bike (Ojek Online)

4 April 2018, rabu kemarin adalah pertama kalinya aku memesan ojek online. Gaptek banget sih, masak baru coba? Kan uda ada sejak lama?. Hehehe... Kamsudnya ojek yang pake motor nggk pernah, tapi biasanya yg pake mobil, atau sekedar order makanan pake go food. Kalo ojek motor belom dibolehin sama abang suami, kemarin alhamdulillah boleh. Karena do'i gak bisa nganter. Saya sendiri sebenernya masih takut. Dedegan buka aplikasi, dengan membaca Bismillah saya bernikan pencet tombol book. Terlihat ada tanda loading muter2 nyari driver yg nyantol... Dan.... Alhamdulillah... Bapaknya tua. Hilang deg2an saya. Saya merasa aman, hehe... Klo tua kan berasa kayak bapak sendiri ye, jd gak takut.

Selesai siapin zafran kita keluar nunggu abang ojol, sepertinya ada yg lewat, ah tuñggu aja, pasti dia bakal muterin gang sekali lagi, ... Beberapa saat kemudian terdengar lagi suara motor, berhenti depan gerbang. Ternyata benar itu bapak grab bike. Kuhampiri si bapak sambil rempong gendong zafran nenteng tas, sekaligus ngunci gerbang, "bentar ya pak." Sambil senyum. Iya mbak , senyum juga. Pas mau naik aku bingung. "Gimana naiknya nih, motor gede amat, tinggi pula." Tapi dalem ati aja ya... Manti dikira norak hahaha... Lalu ku taruh zafran terlebih dahulu, nampak nya bapak ini tau aku lagi mikir cara naiknya, "bisa mbak? Duduk yg di bawah aja gpp." Dudukan Motor bapak ini bentuknya kayak tangga, yg depan rendah yg belakang tinggi, tapi gak lurus kayak prosotan, kayak tangga. Yagitulah poklknya. Akhirnya aku bisa naik diboncengan belakang. Soalnya yg depan udah full sm bapak dan Zafran. And then kita gooo...

Rada bingung juga ama motor, aku mikirnya "mungkin ini kayak kasus tukang yg belikan Motor vixion buat anaknya. Kerja ngumpulin uang cuma buat motor. Dari pada banyak mikir " Ok lupakan masalah kejanggalan motor bagus." Ngobrol lah saya saya bapaknya. Mbaknya asli mana... Suaminya? Kerja apa dsb. Giliran aku yg nanya.

Bapak tinggalnya dmn pak?
 Darmahusada mbak.
O darmahusada.
Iya deketnya karang menjangan itu lho.
Iya pak tau saya, saya kuliahnya di unair.
Unair kampus B?
Iya pak. Dalam hati masih terngiang. DARMAHUSADA, darmahusada, darmahusada... Bukannya rumah besar2 nan mehong ya di situ? Banyak kos mahasiswa juga, tapi mahaziswa kedokteran, yg perbulan bisa bayar 1juta lebih.. wow... Aneh juga nih bapak.. "Ah barangkali ada kampungnya di situ, aku aja yg gk tau. Mungkin rumah bapak inj di kampung."

Anaknya berapa pak?
Dua mbak,
Uda besar2 ya pak?
Yg satu smt.6 di UGM, yg satu smt.2 di UNESA.
(Wow keren banget nih bapak nyekolahin anaknya, ah mungkin anaknya pinter dapat beasiswa).
Wah jauh ya pak di jogja.
Ya nggak jauh mbak wong laki kok, itu aja tiap minggu pulang
O gitu ya pak
Iya kadang seminggu pulang 3 kali
Wow, kangen mungkin pak
Ya nggak mbak, wong ketemu sama temen2nya, kadang pagi datang sore balik.
Waduh gak capek ya pak
Laiya, sini jogja koyok nang wonokromo ae hahaha
Hehehhe.. biayanya itu juga pak
Laiya ittu mbak,
Naik apa biasanya pak
Naik kerera sancaka
(Sancaka sancaka sancaka sancaka... Serius nih anaknya bapak ojek naik kereta mahal)
Gak mau mbak naik ekonomi, kan lebih cepet a klo sancaka.
( Mungkin anak bapak ini punya duit sendiri kali yaaa... )
Laiya kok nggk capek ya pak
Iya mirip papa nya dulu
Ooo bapak juga suka berpetualang ya pak? Hehehe
Iya mbak... Wong ini aja kalo lebaran kadang motoran ke bali sekeluarga,
Waduhhh? Jauh amat pak
Iya saya sm istri saya anak sy yg laki bonceng adeknya.
Sekeluarga itu sukak motor semua mbak
Oo gitu ya pak
Iya istri juga suka
Pantesan ya pak motornya kok bagus
Hahahahaha... (Seperti bangga gitu bpknya)

Karena ke kepoan yg mendalam dan pembicaraan yg terlewat oleh telinga, aku melipir2 tanyapekerjaan lagi.

Berarti nge grab ini sampingan aja ya pak?
Ya iya mbak, klo nggk ya mana cukup buat hidup
Oo bpk nya kerja dmn pak td? (Dengan nada haluuuus hati2)
Saya skrg cuma ngawas aja mbak,
Ngawasi apa pak?
Ngawas di bengkel mobil, saya kan punya bengkel mobil mbak
(Glodakkkk jeduaaaarrr... Boleh saya shock dulu pakkkkkk????)



Sik ngantuk. Bubuk dulu aku