Sabtu, 24 Maret 2018

Di tipu Axis

Cerita pengalaman pribadi. Dulunya paketan internet pake telkomsel, berhibung makin mahal beralihlah saya ke axis. Lumayan lah bedanya, lagian di rumah saya sinyal axis ok, jadi saya memutuskan memakai axis. Berhubung tlp sesama dan juga sma murah, saya menjadikannya nomor tetap. Alhamdulillah cocok pake axis berkali2. Tiba2 suami mau ikutan beli kartu axis untuk internet. Beli lah dia kartu dan pulsa 50rb. Dia lupa belum di paketin tp udah dinyalain, cuma sebentar doangggg beneran bentarrrr... And... Pulsa dia habis teman temaaannnn... Hancur hatinya berkeping2 dan kapok dipemakaian pertama. Akhirnya aku komplain lewat twitter, cukup responsive. Tanggapannya cepat.
Ditanya lokasi, no hp, pemakajan kpn, and... Hasilnya... "Itu sudah sesuai pemakain ya...dll."
Intinya jawaban hanya pembelaan. Ok saya abaikan. Bbrpa bulan selanjutnya saya lah korbannya.
Ada tawaran beli pulsa 50rb dpt bonus 3gb 1minggu, cus beli pulsa, eh bener dapet kuota.
Di hari ke 7 nih, kuota masih 15an MB, terus kuota sebelumnya masih 470an MB. Tapi whyyy katanya saya internetan gak pake kuota, buru2 saya matikan data saya. Namun terlambat ... Pulsa hangusssa... Tapi setelah pulsa hilang saya masih bisa internetan, saya memakai sisa 15MB saya buat buka twitter dan komplain, saya tunjukin bukti2 screen shot serta jam2 nya. Ditanggapi cepat, tapi alasannya adaaa aja.. katanya sudah sesuai, saya internetan tidak pakai kuota. Pleaseeee.... Saya chat dia pake sisa kuota saya yg masih adaaaa... Sementara pulsa saya habis dia curiii. Terus katanua, "ada aplikasi yg memggunakan data selain 4G yg menyedot pulsa". Tambah emosiiii, dikibulin lagi sayaaa... Hp saya sudah setting 4G, dam nggl ada aplikasi yg gk bisa 4G d hp saayaa... Apapun balesan dan bukti yang saya kirm, tetep aja pembelaan sok pintar dan tidak ada niatan sedikitpun bertanggung jawab mengembalikan pulsa saya. Suami saya anginer, paham IT juga,. Konyol semua tuh jawaban operator. Sejak saat itu saya gk isi pulsa sama sekali. Percuma murah kalo nipuuuu... Oiaaa ada kuota saya yg gak bisa kepake, di app terteta 470Mb tp dia nggk berkurang, malah pulsa saya yg raib. Apapun jaringan yang saya pakai, 4G 3G 2G gak bisaaa... Kalo gitu mah buat apa, masak buat pajangan di aplikasi.

Sekarang giliran saya yang kapok pake axis.

Senin, 19 Maret 2018

Cara menyapih anak ala zafran

Bulan ini usia Zafran genap dua tahun. Otomatis jatah ASI buat zafran sudah usai. Sudah harus di sapih, alias berhenti mimik ASI. Tentunya bukan hal yang mudah menghentikan pemberian ASI bagi anak yang tiap hari mimik asi langsung. Saya sebenarnya juga nggak tega. Tapi bagaimana lagi, ini adalah tuntunan agama. Anak yang sudah dua tahun sudah harus stop ASI. Karena jika usia bertambah tetap mimik asi takutnya berpengaruh pada keperibadian. Beginilah kira2 kisah menyapih zafran

H-1 diberi ASI seperti biasa. (Perlu diketahui kalo zafran ini juga doyan susu tambahan, ASI cuma buat penutup aja, atau buat bobok, buat penenang, mungkin juga ngerasa deket dan disayang .. hehe.. )
Pas H- 1 di malam hari aku bilang sama Zafran kalai basok zafran sudah dua tahun, sudah harus stop asi. Zafran sudah besar mimiknya susu di dot atau gelas. Terus sok2 an aja aku cerita perintah nabi "zafran kata nabi itu klo uda dua tahun gak boleh mimik asi, jatahnya hanya dua tahun sejak zafran lahir. Zafran sayang kan sama nabi Muhammad? Sayang dong, pasti mau kan ngikutin apa kata nabi?." Dia diem aja, seperti menyimak, tp blom bisa berdialog interaktif hahaha... Aku sebenernya nggk paham, ini anak ngerti apa nggk ya kira2. Aku niatnya  cuma formalitas aja.

Hari H pagi2 zafran bangun, biasanya ngempeng, tp ini langsung kasi botol. Minum lah dia, alhamdulillah kenyang. Lanjut aktivitas. Main dsb sampek jm 9. Dag dig dug... Udah waktunya bobok siang. Berdoa komat kamit srmoga zafran gak minta asi. Aku berusaha menghindarkan dirinya dari sinyal2 asi.
1. Jangan pake baju yg gampang di buka. Kalo bisa nggk nyeplak kutang atau payudara. Aku pake baku yg rada tebel. Alhamdulillah dia nggk pengen.
2. Jangan sampai lapar atau haus. Kall anak mau makan dan minum, jejali sesering mungkkn hingga dia merasa kenyang. Knp? Krna klo zafran lapar lebih agresif dan susah d atur dari pada ketika kenyang.
3. Berusaha beri pengertian, kalo zafran uda dekat2 aku langsung bilang "aku sayang kamu, zafran sudah besar nggk mimik ini ya... Kalo haus mimik susu pake dot, aku sayang kamu." Berkali2 saya bilang "aku sayang kamu" why? Karena lepas ASI juga membuat dia merasa tidak disayangi. Kita harus meyakinkan dia bahwa kita tetep sayang, saya peluk dan cium dua lebih sering. (Perlu diketahui kalo zafran belum bisa berkomunikasi verbal secara jelas, sehingga saya pesimis pada awalnya)
4. Beri perhatian lebih, kalo biasanya saya sibuk pekerjaan rumah, sekarang saya berusaha mendampingi dia setiap saat. Sebentar saja dia menyadari saya tidak terlihat, pasti langsung sensitive. Semacam ketakutan ditinggal.
5. Alihkan perhatian, dengan bermain atau aktivitas lainnya.

Apa hasilnya? Pada hari pertama di pagi hari dia tidak minta, sibuk main. Tapi di siang hari (apa sore ya? Lupa) dia terlihat pengen tapi sungkan mau minta. Dia ada di dekat dada saya, dia melihat dada saya lalu melihat wajah saya beberapa kali, tentu dengan wajah sungkan setengah sedih yang membuat saya hampir tidak kuatttt... Pernah nggk sih kalian liat anak yang liat temennya pegang makanan terus dia pengen juga, tapi apa daya dia nggk dibelikan dan nggk dikasi. Bisanya cuma ngeliatin sampe makanan itu abis dengan mata sangat amattt berharapppp... Itulah yang saya lihat di wajah Zafran... Sedih dan mau nangis liat nya. Sempet saya video kasih ayahnya,. Eh malah ikut sedih.

Pada momen kayak gini, ibuuuukkkk kudu kuatttt... Kuatin lah sehari dua hari seminggu... Lama2 muka menyedihkan itu akan hilang. Dengan kasih sayang dan pengertian, insyaAlloh anak bisa mengerti. Saya bersyukur karena Zafran tidak ada ritual menangis untuk momen inni. Ibuk dan ayah diskusikanlah dengan matang kapan mau menyapih anak, tanggal berapa. Kalo menurut agama dan juga ilmu kedokteran 2tahun, selebihnya teserah ibuk dan ayahnya. Yang jelas, jika sudah di mulai JANGAN BERHENTI. Lanjutkan sajaaa agar anak tidak bingung. Makanya ayah bunda harus diskusi dengan matang, kapan disapih, mengimgat kondisi anak berbeda2, lihat kondisi anak dan bagaimana metodenya, yang tak kalah penting lihat juga kondisi bunda dan ayah, harus kuat dan tega demi masa depan anak.
Sekarang sudah 17an hari Zafran disapih, masih pengen? Spt nya masih berharap, tapi wajahnya sudah ceria. Sekarang sukanya nyungsep2 ke dada kayak anak kucing, tapi kalo dibilang "kamu kan uda besar" langsung dia senyum ketawa.

Leghaaa rasanyaaa... :)


Nb: kondisi anak itu beda2 ya bunda, sebagai orang tua insyaAlloh kita lebih tau dari pada orang lain, coba di evalusi sikapnya, apa cela2 yg bisa kita pakai untuk menyapih dia nanti. Kuatkan hati ketika menghadapi reaksi anak. Jangan mundur. Saya pribadi tidak mengoleskan apapun ke payudara spt metode konservatif ala desa saya dulu, krn dia justru akan marah dan meminta dengan bahasanya bagaimana caranya seauatu inj harus hilang dan aku mau nyusuuu sekarang .. hihihi... Soalnya pernah abis keramas kurang bersih ada shampo yang mungkin masih terasa di lidahnya, nyangkut d pd. Jadi saya berfikir metode inj tidak akan berhasil. Tapi ada juga yg berhasil (org lain). Setelah saya menyapih zafran saya sempat baca ada cara menyapih dengan dalil. Jadi anak diberi pengertian dan ditunjukka ayat Al Quran ttg menyapih dan artinya. Katanya anaknya nggk nangis. Kalo saya mah aslinya nggk tau itu dalil d Al Quran apa hadits, jadilah percakapan di atas yang ngasal :D ampun lah yaaaa... Hahaha... Tp ada hadits nya juga kok kalo gk salah. Hehe...